Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

Sumber : Sajian Sedap - Grid.ID

5 Kue Khas Melayu yang Wajib Kamu Coba

Kue adalah kudapan atau makanan yang bukan makanan utama, kue biasanya bercerita rasa manis, gurih dan asin ini sering sekali disebut dengan makanan ringan. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kue khasnya masing-masing yang sudah menjadi resep turun temurun.

Kali ini tim Pinang Paleo akan membahas mengenai lima kue khas melayu yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Tanjungpinang dan sekitarnya.

  1. Luti Gendang

Luti gendang khas melayu ini merupakan cemilan yang terbuat dari adonan donat kentang yang memiliki tekstur yang sangat lembut ditambah didalamnya terdapat isi abon dengan citarasa pedas manis yang menambah rasa gurih. Isi abonnya pun bermacam-macam jadi kita dapat memilih sesuai selera. Luti gendang sangat cocok untuk dinikmati saat bersantai bersama keluarga atau kerabat apalagi saat dihidangkan masih hangat, karena luti gendang sendiri dapat dipesan setengah mentah jadi kita dapat menggorengnya kembali saat ingin menikmatinya.

2. Kue bolu kemojo

Bolu Kemojo kerap juga disebut dengan bolu komojo, berasal dari kata kemboja atau bunga kamboja. Disebut demikian karena loyang yang digunakan untuk membuat bolu ini memiliki bentuk seperti bunga kamboja.

Bolu kemojo sangat populer di Provinsi Riau, bolu ini seringkali dijadikan buah tangan bagi siapa pun yang bertandang ke Tanah Melayu ini. Bolu kemojo dimasak dengan cara dikukus sehingga membuatnya kuat akan kesan tradisional. Masyarakat Riau sering membuat Bolu Kemojo secara bersama-sama karena saat pesta adat atau upacara adat biasanya Bolu Kemojo sering disajikan dalam jumlah yang banyak.

2. Deram-deram atau derum-derum

deram deram

Kue ini mirip dengan donat hanya saja berbentuk mini, bahan dasar deram-deram ialah tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan goreng menggunakan minyak.

Konon dulu kue ini merupakan salah satu cemilan yang disediakan untuk kesultanan Melayu. Untuk kalian yang suka cemilan gurih manis, pasti cemilan ini akan menjadi salah satu favorit kalian untuk menjadi cemilan saat berkumpul bersama teman-teman.

3. Lopek Bugi

Lopek bugi berbahan dasar ketan ini konon pada awalnya merupakan makanan khas yang disajikan untuk kaum bangsawan, bugi sendiri disebut karena ketan yang ditumbuk hingga halus menggunakan lesung. Namun sekarang lopek bugi bisa dinikmati menjadi hidangan wajib pada hari-hari perayaan besar seperti, baliamau bakasai, serta perayaan lainnya.

Camilan ini cocok disajikan ketika pada acara-acara tertentu, karena rasanya yang unik dan juga penyajiannya yang masih menggunakan daun pisang.

4. Tepung Gomak

Dinamakan Tepung Gomak karena kue ini dibalut tepung yang tebal. Tepung Gomak terbuat dari tepung ketan/pulut putih dan kacang ijo dengan isian gula merah dan kelapa. Rasa isinya mirip dengan dadar gulung, namun bagian luarnya mirip mochi.

Dalam kehidupan masyarakat Pulau Penyengat, biasanya kue ini disajikan pada saat acara kendurian atau selamatan sebagai makanan kecil sesudah atau sebelum menyatap nasi dan lauk pauknya. Tepung Gomak ini juga enak disantap pada pagi siang, sore sebagai kawan minum tea hangat.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Pesan Beraneka Bolu Disini

Sekarang kamu bisa pesan beraneka bolu enak dengan harga murah di Pinang Paleo. Penuhi kebutuhan acara mu dengan menyajikan bolu yang seenak buatan mama hanya dari Pinang Paleo dengan harga 35.000 rupiah saja.

Leave a Comment