Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

es-teh

5 Minuman Unik Khas Tanjungpinang yang Wajib Anda Coba jika Berlibur Ke Kota Gurindam

Tidak afdol rasanya jikalau Anda sedang berwisata kuliner di Tanjungpinang, namun Anda tidak mencicipi beragam minuman unik khas kota Gurindam. Tak hanya makanan yang bermacam-macam, namun juga berbagai minuman unik bercita rasa Tanjungpinang juga dapat Anda temukan dengan mudah di ibukota Kepulauan Riau ini.

Penasaran, bukan?

Berikut ada lima jenis minuman unik khas Tanjungpinang yang wajib Anda coba jika berlibur ke kota Gurindam tersebut.

1. Tak Ada Teh Manis, Teh Obeng Juga Boleh

Teh Obeng

Nama teh obeng bukan berarti ada teh yang menggunakan obeng sebagai pengaduknya, alih-alih sendok. Namun, sebenarnya istilah teh Obeng adalah teh manis biasa yang berasal dari Malaysia, yakni Teh Apeng.

Peng sendiri bermakna es dalam bahasa Tiongkok. Jadi, Teh Apeng itu sendiri adalah teh manis yang diberi es batu agar dingin, hampir sama dengan es teh manis biasa yang ada di warung-warung makan seluruh Indonesia. Ketika pertukaran budaya terjadi ke masyarakat kepulauan Riau, makna “peng” pun menjadi “beng” karena lebih mudah diucapkan oleh logat lokal orang Melayu di kepulauan Riau. Nama awal Teh Apeng pun berubah sebutan menjadi Teh Obeng. Khasnya, di Tanjung Pinang sendiri, Teh Obeng sendiri dibuat dari Teh Prendjak dimana es batu yang digunakan memiliki lubang di tengahnya.

Unik, khan?

2. Teh Tarik, “English Tea” ala Tanjungpinang

Teh Tarik

Setiap orang di dunia ini pasti mengenal apa itu teh, terutama negara yang paling banyak minum teh seperti Inggris. Namun, adakah teh bernama teh tarik di Inggris? Pastilah tidak ada. Karena sebenarnya teh tarik adalah minuman yang dijual oleh para India Muslim di Singapura dan Malaysia kemudian dibawa ke daratan Melayu. Saking lamanya, teh tarik sudah menjadi minuman khas di Tanjungpinang bahkan di seluruh kepulauan Riau. Hampir setiap rumah makan menyajikan minuman ini.

Pembuatan teh ini sangatlah mudah karena bahan-bahan yang digunakan pun hanyalah merupakan campuran air teh dengan susu manis. Hampir sama dengan English Tea-nya orang Inggris, bukan? Namun, teh tarik Tanjung Pinang ini mempunyai lapisan busa lembut yang menghiasi bagian atas permukaan teh ketika disajikan.

3. Segarnya Rasa Es Apollo yang Melegenda

Es Apollo

Es yang sudah terkenal sejak tahun 1969 ini merupakan es campur yang memiliki ciri khas tersendiri karena nama Apollo disematkan oleh penjualnya sendiri. Nama Apollo diberikan karena pada waktu itu bertepatan dengan peluncuran Apollo ke-11 dibulan Agustus.

Tidak sama seperti es campur pada umumnya yang menggunakan perpaduan antara berbagai macam bahan dengan urutan acak, penjual Es Apollo sendiri mengaku membuat es tersebut sesuai dengan urutan yang sudah dijadikan resep olehnya sejak lama yakni tapai di bagian dasar kemudian kacang polo merah, agar-agar, cendol dan roti pada permukaan paling atas. Jangan lupakan juga es batu yang dihaluskan atau diparut secara manual ditambah dengan gula pilihan yang tidak akan Anda temukan pada es campur biasa. Es Apollo sangat digemari oleh masyarakat serta wisatawan yang datang ke Tanjungpinang. Oleh karena itu, tak afdol rasanya bila Anda tidak menikmati es ini ketika berada di Tanjungpinang.

4. Kopi Rempah Sekanak: Taste Para Raja

Kopi Sekanak dan Kue Batang Buruk

Biasa disebut sebagai kopi raja-raja, kopi rempah sekanak adalah kopi khas Tanjungpinang yang unik dan tak ditemukan di daerah lain. Betapa tidak?! Kopi rempah sekanak ini adalah kopi yang dipadukan dengan bermacam campuran rempah misalnya saja asam limau parut dan akar bakawali. Wangi kopi didapatkan dari rempah sekaligus sebatang kayu manis yang diletakkan secara vertikal di dalam kopi. Bila Anda ingin kopi lebih lembut, maka kopi sekanak juga biasa ditambahkan dengan susu kambing agar lebih mengentalkan tekstur larutan kopi.

Rasanya? Jangan ditanya lagi. Sangatlah nikmat dan enak. Rempah dan kayu manis membuat cita rasa kopi rempah sekanak ini sangatlah khas dan berbeda daripada kopi-kopi lainnya di Indonesia, apalagi didampingi dengan kue batang buruk yakni kue khas kuliner Tanjungpinang yang sudah menjadi tradisi masyarakat Melayu zaman dahulu. Anda harus mencoba minuman kuliner ini jikalau Anda ke Tanjungpinang!

5. Air Kayu Sepang

Air Sepang

Air kayu sepang adalah minuman teh khas Tanjungpinang yang “sari” tehnya berasal dari kayu sepang. Warna air tehnya pun menjadi berbeda dibandingkan teh biasa. Bukan cokelat, kuning atau hijau, namun merah muda seperti warna air limun.

Warna tersebut tentu saja berasal dari sebatang kayu sepang yang dijadikan sebagai sumber utama teh air kayu sepang ini. Alih-alih beracun, justru air sepang ini berfungsi sebagai antibiotik yang sangat dianjurkan bagi kesehatan tubuh. Lebih mengejutkannya, konon katanya kayu ini hanya ada di Tanah Melayu, lho! Wah, harus coba nih kalau Anda berkunjung ke Tanjungpinang.

Demikianlah beberapa minuman unik khas Tanjungpinang yang akan menuntaskan dahaga Anda ketika berkunjung ke kota Gurindam. Nikmati wisata kuliner Anda di tanah Melayu dan temukan bahwa negeri ini kaya cita rasa kuliner nusantara.

Share this post

Leave a Comment