Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

malala

4 Perempuan Inspiratif di Dunia, Ternyata Ini Kisahnya..

Bulan April mengingatkan kita dengan bertapa besarnya keteguhan seorang perempuan yang ingin melepaskan diri dari keterbelakangan. Hingga sekarang kita rasakan serta nikmati hasil dari perjuangannya. Raden Ayu Kartini ialah pelopor emansipasi wanita pertama yang dimiliki oleh Indonesia.

Hingga sekarang kita masih mendengar kata-kata emansipasi wanita yang selalu digaungkan oleh perempuan masa kini. Nah dalam rangka mengingat perjuangan RA Kartini, kita akan kasih tahu perempuan kekinian yang menginspiratif banyak orang.

1. Sri Mulyani

Reuters/beawiharta

Sri Mulyani lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962. Seorang wanita Indonesia yang pertama menjabat sebagai direktur pelaksana Bank Dunia. Setelah itu Sri Mulyani dipanggil oleh presiden Jokowi untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Sebelum menjadi menteri Sri Mulyani dulunya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia.

“Begitu banyak penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa wanita adalah yang paling rentan tetapi juga kekuatan terbesar untuk kemajuan ekonomi,” – Sri Mulyani

Selama karirnya di pemerintahan Sri Mulyani meraih penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik pada tahun 2006 versi Emerging Markets. Serta menjadi wanita yang paling berpengaruh no 23 versi majalah forbes tahun 2008, karena berhasil memberikan banyak konstribusi dan terobosan , termasuk membersihkan kementrian dari KKN dan birokrasi yang rumit.

Perempuan hebat ini mempunyai nama lengkap yaitu Sri Mulyani Indrawati, memiliki nama yang kental dengan bahasa jawa dan huruf sangsekerta. Sri artinya sinar atau cahaya yang bersinar, merupakan nama yang umum bagi perempuan jawa. Mulyani berasal dari kata mulya, juga berarti berharga. Indrawati berasal dari kata indra dan akhiran feminism yaitu wati.

2. Malala Yousafza

Sejak kecil ia sudah didorong ayahnya untuk menjadi aktivis, hingga 2008 malala mulai berbicara dihadapan publik seperti televisi dan radio. Ia berani menyatakan keinginannya untuk memperjuangkan hak perempuan atas pendidikan dan juga dengan lantang ia menentang Taliban.

Taliban ialah grup militian yang paling bahaya di Pakistan. Taliban mempunyai pandangan tersendiri mengenai penerapan hukum syariah, dimana mereka mengartikan bahwa perempuan dilarang untuk bersekolah.

Seorang perempuan memiliki keberanian yang luar biasa ini bernama Malala Yousafzai. Malala mulai dikenal sejak tulisannya yang menceritakan mengenai bertapa mengerikannya hidup ditengah-tengah perang, dibawah pemerintahan Taliban. Walaupun hidup dalam keadaan tersebut, Malala berharap akan datangnya kedamaian di negerinya. Malala juga selalu menyerukan pendidikan untuk anak perempuan. Bahkan ia pernah tertembak pada bagian kepala dan lehernya di dalam bus ketika ia pulang dari sekolah.

Dengan aksi berani dan hal yang dialaminya ini membuat ia mendapatkan sorotan dari berbagai penjuru dunia. Perbuatannya juga mampu membuka mata banyak orang akan hak seorang perempuan. Kini Malala bangkit dari masa kritisnya dan melanjutkan perjuangannya dalam hal hak-hak perempuan mendapatkan pendidikan.

Keberanian dan keteguhannya ini berbuah hasil dengan mendapatkan anugrah nobel perdamaian pada tahun 2014. Pada saat itu Malala menjadi penerima nobel termuda yang pernah ada. Dengan usia yang sangat muda Malala mampu mengispirasi banyak orang dengan keberaniannya memperjuangkan hak-hak yang dianggapnya benar.

3. Dian Pelangi

www.instagram.com/dianpelangi

Perempuan cantik yang bernama lengkap Dian Wahyu Utami ini lahir di Palembang, 14 Janurari 1991. Dian panggilan akrabnya, ialah seorang pengusaha fashion yang sangat terkenal hinggal mancanegara. Sebenarnya dunia fashion bukan dunia yang baru bagi seorang Dian, pasalnya Dian bersekolah menengah pertama (SMK) mengambil jurusan tata busana lalu melanjutkan sekolahnya di École supérieure des arts et techniques de la mode (ESMOD) dan lulus pada tahun 2008 dengan nilai yang cukup tinggi.

Pada tahun 2009, pemiliki butik Dian Pelangi ini bergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan menjadi anggota yang termuda kala itu. Tak hanya itu, pertengahan tahun 2009 untuk pertama kalinya Dian juga mengikuti fashion show di Australia.

Baru-baru ini Dian Pelangi berhasil masuk dalam daftar bergengsi Forbes 30 under 30. Daftar tahunan yang dirilis Forbes ini berisikan anak- anak muda di bawah 30 tahun di kawasan Asia yang memiliki potensi menjadi pemimpin atau pengusaha masa depan.

4. Jennifer fan

Jenniefer fan adalah seorang perempuan pebisnis pada sector financial. Fan yang bersekolah di Amerika pada usia 19 tahun, lalu menjadi intern di bank of America, dan mulai belajar mengenai trading dan investasi. Dari situlah fan bertekad untuk terjun kedalam dunia bisnis dan keuangan. Setelah lulus, fan melanjutkan bekerja di morgan Stanley, ia belajar mendapatkan ilmu yang lebih lagi mengenai trading dan investasi dengan menemui berbagai macam orang.

“Anything is possible and age is not a valid excuse,” Jennifer Fan

Diusia yang terbilang masih muda saat itu 29 tahun Fan telah menjadi founder dan CEO ntuk perusahaannya. Fan mendirikan perusahanya sendiri yang bernama Arbalet Capital pada 2012. Fan juga disebut sebagai “Youngest Wall Street Veteran” oleh majalah Forbes pada tahun 2013 karena prestasi dalam bidang bisnis investasi yang diraihnya.

Namun kabarnya asset Arbalet yang dikelola menurun pada September 2013, membuat perusahannya ditutup dalam waktu satu atau dua bulan berikutnya. Tapi sekarang fan bangkit dnegan bekerja kembali di Millennium Management, LLC. Fan pun menghabiskan sebagian waktunya di New York City.( en.wikipedia.org)

Gimana sangat menginspirasi kan?

Tokoh-tokoh perempuan diatas memiliki kisah yang berbeda-beda untuk menggapai kesuksesan. Selain menjadi sukses dalam hal karir, mereka juga dapat memberikan inspirasi yang positif bagi orang-orang sekitarnya maupun di dunia. Hal ini membuktikan bahwa perempuan juga mempunyai kekuatan dari dalam dirinya untuk menggapai kesuksessan serta dapat berkontribusi kepada masyarakat dengan kemampuan yang dimilikinya.

Buat perempuan diluar sana, kalian tidak perlu terkenal dan kaya untuk dapat dikatakan suskes dan menginspirasi. Namun hanya dengan jadi diri sendiri, serta selalu melakukan hal yang terbaik untuk hal sekecil apapun yang sedang kalian jalani, baik itu ibu rumah tangga, pengusaha, ataupun pekerja. Kesuksessan itu kita yang ciptakan dengan pikiran yang positif dan pantang menyerah dimanapun kalian berada.

Share this post

Leave a Comment