Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

Sumber : Selasar.com

4 Tarian Tradisional Melayu yang Terkenal

Tanjungpinang merupakan ibukota dari provinsi Kepulauan Riau ini masih menganut melayu yang kental. Ditinggalkan beragam kekayaan budaya yang beraneka ragam seperti, musik, sastra dan juga tari-tarian, karena itulah kita akan membahas salah satu peninggalan budaya tari yang telah turun-temurun diajarkan hingga sekarang. Berikut tarian yang terkenal di daerah Tanjungpinang:

Tarian Makyong

Sumber : batampos.co.id

Tari Makyong merupakan sebuah pertunjukkan khas Melayu, Makyong hanya sebuah kenangan atau cerita tentang teater yang sangat terkenal, bisa juga dibilang dramatari.

Makyong sendiri diperkirakan telah ada di Riau hampir seabad yang lalu, biasanya pementasan Makyong diselenggarakan setelah memanen padi. Tarian Makyong dipentaskan oleh penari-penari bertopeng dan diiringi alat musik seperti gendang, rebab dan tetawak.

Tari Zapin

Dahulu Tari Zapin ditarikan di atas tikar madani dan tikar tersebut tidak boleh bergoyang ataupun bergeser sedikitpun saat menarikan Tarian Zapin. Dan yang meragakannya adalah lelaki saja, namun karena perkembangan jaman sekarang tarian ini sudah di peragakan oleh wanita dan lelaki.

Sumber : Selasar.com

Sedangkan untuk kostumnya, penari lelaki mengenakan baju kurung cekak musang dan seluar, songket, plekat, kopiah yang ditambahkan bros.

Sementara penari wanita menggenakan baju kurung, kain songket, labuh, kain samping, selendang tudung manto, kembang goyang, anting-anting, kalung, serta riasan sanggul lipat pandan dan conget.

Tarian ini juga banyak dipengaruhi oleh budaya Arab dan sarat akan tata nilai, tarian ini mempertontonkan gerakan kaki cepat yang mengikuti pukulan gendang.

Tari Joged Tambak

Gerak dari tarian Jogged Lambak ini cendrung lemah gemulai sedangkan lagu-lagu yang ditarikan adalah lagu atau irama joget seperti serampang laut, tanjung katung, dan anak kala. Alat musik yang digunakan antara lain gendang, tetawak dan gong.

Tari Tandak

Ciri khas tarian ini adalah saling berbalas pantun antara kelompok pria dan wanita, biasanya lagu pantun tersebut berisikan hal yang ada di bumi atau tentang kehidupan sehari-hari manusia.

Tari Tandak ini dikenal dengan tari pergaulan yang sangat digemari di daerah riau, tari ini gabungan antara seni tari dan sastra.
Biasanya tarian ini dipentaskan oleh laki-laki dan perempuan di malam hari, tari tandak menjadi ajang silaturahmi antara pemuda-pemudi dan banyak juga pasangan suami istri yang bertemu di pementasan Tari Tandak.

Tari Tandak melambangkan ikatan-ikatan yang terjalin antara teman yang berlain kampung serta menciptakan rasa aman antar kampung.

Ternyata beragam budaya ya yang ada di tanah Melayu ini, kalau Parapeleo kira-kira bisa nari nggak??

Share this post

Leave a Comment