Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

Siput_Gonggong

6 Fakta Menarik tentang Gonggong yang Perlu Anda Ketahui

Gonggong tak akan pernah terlepas dari eksistensi Tanjungpinang yang mengambil hewan laut sejenis siput ini sebagai simbol kebanggaan masyarakat Melayu kota Gurindam. Oleh karena kepopuleran gonggong di kota itu, maka hampir seluruh rumah makan dan restoran seafood Tanjungpinang menjual menu ini. Berbagai macam menu gonggong pun disajikan dengan berbagai macam resep hidangan, meski menu yang paling banyak disajikan adalah gonggong rebus dan saos serta sambal pedas sebagai cocolannya. Namun, ada fakta-fakta menarik lain lho tentang gonggong yang perlu sekali untuk Anda ketahui. Mau tahu? Berikut penjelasannya.

1. Kuliner Favorit Khas Tanjungpinang

Gonggong rebus

Salah satu masakan favorit sekaligus khas di kota Tanjungpinang adalah gonggong rebus yang selalu disajikan dalam setiap menu makan. Masyarakat Tanjungpinang biasa menyajikan gonggong beserta cangkang-cangkangnya dalam sebuah piring. Ini sangat mirip seperti sajian tiram, sotong dan kerang yang biasa dinikmati sebagai menu seafood pada restoran-restoran dan warung makan khusus seafood. Cara penyajian gonggong oleh masyarakat Tanjungpinang yang paling umum adalah direbus lalu dicocol dengan sambal pedas atau saus tomat pedas. Sajian ini menjadi sajian paling utama dan diandalkan di banyak restoran dan warung makan seantaro Tanjungpinang. Anda pun sebenarnya bisa mencoba memasaknya dengan cara seperti tersebut. Beberapa cara penyajian lain yang dapat Anda lakukan selain direbus agar tidak membosankan adalah membuat tumis berbahan dasar gonggong atau juga merebusnya dalam bumbu-bumbu seperti asam pedas. Cara ini tentu tidak sama dengan cara awal yang hanya merebus gonggong tanpa rempah-rempah dan bumbu.

Cara menikmatinya pun unik dibandingkan dengan yang lain. Biasanya masyarakat umum mencungkil bagian dalam tubuh siput yang sudah direbus menggunakan tusuk gigi atau batang lidi yang kecil dan dimakan bersama saus pedas. Ada juga restoran yang menyajikan gonggong tanpa cangkang sehingga wisatawan dapat menikmatinya memakai sendok dan garpu. Tetapi, apapun caranya, tetaplah tujuannya sama yaitu menikmati gonggong sebagai masakan kuliner khas kota Tanjungpinang.

2. Mengandung Kolesterol Tinggi

Gonggong Bumbu Kuning

Gonggong merupakan salah satu jenis siput laut bernama latin Strombus canarium, adalah hewan laut favorit masyarakat untuk dijadikan menu santapan menemani nasi saat makan. Mungkin memakan gonggong sebagai menu sehari-hari sudah biasa bagi masyarakat kota Tanjungpinang, Batam dan daerah-daerah kepulauan Riau lainnya, namun berhati-hatilah!

Gonggong adalah salah satu makanan laut yang mengandung kolesterol tinggi, lho. Meski hidangan ini memiliki omega 3 serta proteinnya yang tinggi memang sangatlah cocok dan sehat bagi tubuh Anda, tapi kolesterolnya yang tinggi dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti diketahui bahwa kolesterol tinggi dapat memicu timbunan lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh. Pengendapan kolesterol berlebih dalam pembuluh darah dapat menyebabkan timbulnya stroke dan serangan jantung. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengkonsumsi gonggong setiap tiga kali sehari untuk mencegah meningkatnya kolesterol tubuh. Selain itu, diharapkan agar cara pengolahannya pun tidak mengandalkan teknik goreng dengan minyak jelantah yang sudah dipakai berulang-ulang, karena kolesterol-kolesterol jahat itu akan mengendap dan membahayakan kesehatan tubuh Anda. Bila Anda sangat suka mengkonsumsi gonggong, maka usahakan untuk menambah menu Anda dengan buah dan sayur bening. Jangan lupa juga untuk minum air putih sebanyak-banyaknya.

3. Bermanfaat dalam Pertumbuhan Hormon dan Libido

Gonggong Kuah Pemicu Hormon

Berdasarkan hasil uji laboratorium, gonggong dapat diketahui nilai gizi makro per 100 gram yaitu dengan karbohidrat 4,1% dengan nilai gizi 16,4 kalori, lemak 24,9% dengan nilai gizi 224,1 kalori protein 31,19% dengan nilai gizi 124,8 kalori. Oleh karena rendah lemak dan mengandung protein tinggi, gonggong dapat menjadi pilihan seafood yang sehat dan kaya gizi bagi Anda. Namun, tak hanya itu lho. Gonggong juga bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan hormon dan libido lho. Seperti diketahui bahwa salah satu hormon yang bertanggungjawab dalam pertumbuhan hormon dan libido adalah hormon dopamin, selain testosteron, estrogen, oksitosin, norepinehim,dan kortisol.

Dikenal sebagai hormon yang baik, dopamin bertanggungjawab pada dorongan emosi yang mengubah nafsu menjadi ikatan yang lebih kuat dan langgeng antar pasangan. Menurut sebuah studi, hormon dopamin ini banyak diproduksi oleh pria dibandingkan wanita. Nah, salah satu penguat hormon dopamin adalah diet yang kaya protein. Salah satu makanan diet yang mengandung protein tinggi itu adalah gonggong. Jadi, bagi Anda yang ingin menumbuhkan hormon serta meningkatkan libido dalam hubungan suami-istri maka gonggong mesti masuk kedalam list kuliner Anda.

4. Batik Gonggong yang Eksklusif dan Paten

Batik Cap Sarimbit Gonggong

Tak hanya sebagai kuliner khas Tanjungpinang yang terkenal dan menjadi favorit warga dan wisatawan yang datang, gonggong juga diambil bentuknya untuk dijadikan sebagai motif batik khas tradisional mereka. Bahkan, batik bermotif gonggong ini telah didaftarkan hak patennya oleh pemerintah provinsi Kepulauan Riau kepada Kementerian Hukum dan HAM pusat.

Seperti namanya, batik gonggong sudah teraplikasi kepada semua pengrajin batik di kota Tanjungpinang. Corak batiknya yang mengambil bentuk dasar gonggong sangat cocok ketika divariasikan dengan motif-motif lain seperti sulur batang dan daun. Warna-warna batiknya pun beragam dari biru muda, hitam hingga ungu. Anda dapat menemukan dan membeli batik Gonggong sebagai oleh-oleh khas Tanjungpinang ke satu-satunya toko menjual batik gonggong di kota tersebut yakni toko “Batik Gonggong”. Mengapa hanya satu? Karena batik Gonggong ini sudah dipatenkan jadi tidak boleh ada tempat lain yang menjualnya lagi. Jenis batik-nya pun beragam dari batik cap hingga batik tulis. Jadi, bagi Anda penggemar batik tulis atau penyuka batik cap, maka semua jenis batik tersebut bisa Anda beli di toko “Batik Gonggong” ini.

Model-model batiknya pun beragam. Ada yang dibuat sebagai baju, ada juga sebagai gamis, kain biasa seperti selendang panjang, bahkan ada juga sajadah bermotifkan batik gonggong. Bervariasi, bukan?

5. Landmark Kota dan Gerbang Wisata Bahari Kepulauan Riau

Gedung GonggongSeperti namanya, pemerintah kota Tanjungpinang telah membangun sebuah ikon bagi masyarakat Tanjungpinang yakni gedung berbentuk seperti gonggong serta juga bernama gonggong. Oleh karena itu, bangunan tersebut dikenal juga sebagai gedung gonggong. Bentuknya melingkar dengan corak berwarna putih dan emas seperti gonggong pada umumnya. Tambahan kaca pada dindingnya menambah kesan modern pada bangunan tersebut, sehingga mengingatkan kita bahwa pemerintah kota tidak main-main dalam mewujudkan landmark kota Tanjungpinang tersebut.

Bangunan yang diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 28 Oktober tahun 2016 lalu ini  terbagi atas dua lantai gedung, yakni basement tempat menjual oleh-oleh seperti kerajinan dan makanan khas Tanjungpinang sedangkan lantai dua merupakan spot terbaik Anda untuk melihat kota Tanjungpinang dan pulau Bintan secara menyeluruh dari ketinggian. Sebagaimana layaknya sebuah gedung berbentuk artefak yang bernilai seni tinggi, dalam gedung Gonggong juga disajikan televisi yang akan menayangkan selayang pandang tentang kota Tanjungpinang. Tak hanya sebagai ikon wisata kota, Gedung Gonggong juga banyak fungsinya, lho. Misalnya saja sebagai Tourism Information Center (TIC) bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Tanjungpinang.

6. Kaos Gonggong Buatan Anak Lokal

 

Tak hanya batik gonggong yang sudah dipatenkan, Anda juga dapat membawa oleh-oleh khas Tanjungpinang lain adalah kaos oblong. Oleh karena produk ini tidak dipatenkan maka mungkin akan ada beberapa jasa sablon baju di Tanjungpinang. Namun, yang jelas harganya akan lebih murah serta sangat terjangkau dibandingkan bila Anda membeli batik.

Selain itu penggunaannya pun luas. Tak seperti batik yang biasanya cocok digunakan hanya untuk acara-acara formal, kaos motif gonggong ini dapat Anda gunakan untuk aktivitas-aktivitas santai dan non-formal seperti saat berjalan-jalan di kota Tanjungpinang, atau pergi ke berbagai destinasi wisata di kota Gurindam tersebut. Desainnya yang sederhana dan kain kaos yang lembut tentu akan sangat nyaman untuk Anda gunakan di pantai. Biar kekinian gitu, lho!

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang gonggong. Tak hanya sebagai konsumsi lokal, ternyata gonggong juga menjadi “inspirasi” masyarakat dan pemerintah kota Tanjungpinang dalam mengembangkan kuliner, pariwisata dan ekonomi sosial rakyat kota Gurindam. Hebat, bukan?! Semoga saja banyak daerah lain dapat mengembangkan apa yang menjadi ciri khas daerahnya seperti kota Tanjungpinang sehingga bisa menjadi sebuah ikon yang melekat sampai kapanpun pada daerah tersebut.

Share this post

Leave a Comment