Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

poskod.my

Hati-Hati Laksa Ada Yang Haram…

Selain kaya akan budaya dan juga keindahan alam yang indah, Indonesia juga memiliki menu khas Nusantara, namun ada juga kuliner yang dipengaruhi oleh beragam budaya. Orang Melayu pasti tahu makanan yang paling enak ini. Biasanya makanan ini akan sering ditemui saat ramadhan tiba atau bahkan diperayaan hari-hari besar lainnya. Berbahan dasar sagu, berkuah dengan rempah-rempah yang gurih dan pedas itulah ciri khas dari Laksa Melayu yang sering kita jumpai. Laksa merupakan warisan kuliner peranakan dari unsur China dan Melayu.

Sebenarnya Laksa bukan hanya punya Melayu saja, namun karena pengaruh budaya di Indonesia membuat Laksa ada di beberapa daerah dengan isi yang berbeda pula. Kata laksa berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya banyak. Menunjukkan bahwa laksa dibuat dengan perpaduan bumbu-bumbu dan beragam bahan masakan.

Namun parapaleo juga harus lebih hati-hati jika ingin menikmati makanan kaya akan rempah-rempah ini. Pasalnya ada juga yang menjualnya dengan tidak halal.. so, yuk kita liat apasih yang membuat laksa ini gak halal…

Lakse dibagi menjadi 2 tipe yaitu : Lakse Kari dan Lakse Asam

Laksa Kari
Lakse yang mempunyai kuah dengan berbahan dasar santan kelapa. Bahan utama dari berbagai masam versi dari Laksa Kari ialah tahu, potongan daging ikan, udang dan kerang. Namun ada beberapa pedagang yang menyediakan Laksa ayam. Laksa biasanya disajikan dengan satu sendok penuh sambal cabai serta ditaburi dengan ketumbar Vietnam atau kucai.

Di penang, laksa jenis ini biasanya lebih dikenal Mie Kari dibandingkan dengan sebutan Laksa Kari, dikarenakan perbedaan menggunakan mie (mie kuning atau bihun kebalikan dari mie laksa yang berwarna putih dan tebal). Mie kari penang ada juga yang menggunakan darah babi beku karena dianggap lezat oleh segelintir masyarakat. Dua tempat yang terkenal untuk mencicipi mie kari yang lezat adalah di Lorong Seratus Tahun dan Chulia Street. Nah, parapaleo yang sering pergi meloncong ke Malaysia harus lebih hati-hati ya memilih tempat makan, pastikan ada tanda halalnya agar lebih meyakinkan hati..

Laksa Asam
Laksa dengan kuah ikan yang asam dicampur dengan mie. Mie yang tebal dari beras juga dikenal sebagai laksa mie, sering kali digunakan sebagai campuran dari kuah laksa, walaupun bihun/ mihun juga visa digunakan sebagai bahan campuran laksa.

Ada lagi yang sering kita makan, yaitu laksa goreng. Perbedaanya hanya terletak bahan sagu yang dibuat seperti mie itu digoreng lalu dicampurkan dengan sayur atau daging sesuai selera. Sebenarnya masih banyak jenis laksa yang terdapat di Indonesia, namun dua jenis ini merupakan laksa yang terkenal di daerah Melayu.

Share this post

Leave a Comment