Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

tanjung pinang

Kenali Kota Tanjungpinang Lebih Dekat

Mungkin tidak banyak parapaleo yang mengetahui latar belakang kota Tanjungpinang, kota dimana parapaleo menetap, singgah atau bahkan dilahirkan disini. Apasalahnya kan sekarang kita mulai mengenal tempat dimana kaki ini berpinjak, biar parapaleo makin cinta sama kota Tanjungpinang.. seperti pribahasa Indonesia yang sering parapaleo dengar “tak kenal, maka tak sayang”..

Slogan Kota Tanjungpinang adalah “GURINDAM” yang merupakan singkatan Gigih, Unggul, Rapi, Indah, Nyaman, Damai, Aman dan Manusiawi yang mengandung makna Kota Tanjungpinang ditata secara terpadu untuk menciptakan lingkungan yang indah, hijau berbunga, bersih, memiliki daya pemikat bagi wisatawan yang merupakan cerminan dari pemerintah yang berwibawa, bebas dari penyalahgunaan wewenang yang merugikan masyarakat dan bertindak berlandaskan adat istiadat, budaya, moralitas dan kemanusiaan.

Sebelum menjadi kota Tanjungpinang dulunya adalah pusat kesultanan Riau-Lingga. Sejarah mencatat Tanjungpinang merupakan bagian dari kerajaan Malaka. Kemudian menjadi pusat pemerintahan Johor, lalu pada tahun 1784 diambil alih oleh Belanda setelah mereka menundukan Raja Haji Fisabililah. Diawal kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1957 Tanjungpinang menjadi ibu kota provinsi Riau. Namun setelah itu statusnya berubah menjadi Kota Administratif hingga tahun 2000.

Tepatnya tanggal 21 juni 2001, berdasarkan UU nomor 5 tahun 2001 statusnya meningkat menjadi Kota Tanjungpinang. Lalu pada tahun 2002, akhirnya Kota Tanjungpinang kembali menjadi Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Kota Tanjungpinang terbagi menjadi 4 kecamatan (Tanjungpinang Barat, Tanjungpinang Timur, Kota, Bukit Bestari) & 18 kelurahan.

Suku Melayu adalah penduduk asli dan kelompok suku terbanyak di Tanjungpinang, disamping itu ada pula suku lainnya seperti, Suku Bugis, Minang, Orang Laut & Tiounghua. Untuk bahasa yang digunakan adalah bahasa Melayu klasik, tapi untuk di kotanya bahasa yang digunakan ialah bahasa melayu kota yang sama digunakan oleh Singapura.

Untuk bidang pariwisatanya, Kota Tanjungpinang mempunyai tempat wisata sejarah mealyu yang kental yaitu Pulau Penyengat, yang seluas 3,4 kilometer persegi yang berada di sebelah Barat Kota Tanjungpinang dapat ditempuh 15 menit dengan transportasi laut.

Sebagian besar Kota Tanjungpinang masih mengandalkan transportasi laut, Kota ini mempunyai 24 pelabuhan dan satu pelabuhan internasional yaitu Pelabuhan Sri Indah Pura.

Sumber :
http://jdih.tanjungpinangkota.go.id
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tanjungpinang

Share this post

Leave a Comment