Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

Sumber : hundredprints.wordpress.com

Kenali Sebutan Mak Andam di Kalangan Melayu

Sebutan “mak andam” pasti sudah gak asing lagi ditelinga Parapaleo, daerah Melayu dan sekitarnya sering memanggil Mak Andam kepada seseorang yang telah memiliki ilmu mengenai tata cara prosesi pernikahan adat Melayu. Mak Andam akan selalu menemai pengantin selama proses pernikahan.

Keberadaan Mak Andam memang sangat penting dalam prosesi pernikahan, khususnya budaya Melayu. Mak Andam sangat susah dicari dikala musim nikah, seperti habis lebaran. Kini keberadaan Mak Andam pun makin lama makin tenggelam dengan era modern sekarang, para pengantin lebih memilih make up yang simple dan fresh tanpa menggunakan adat.

Dilansir dari website Kemdikbud, ketua lembaga adat melayu (LAM) Kabupaten Lingga, M Ishak mengatakan, kondisi Mak Andam dan Mak Inang sangat mencemaskan. “Keberadaan Makn Inang dan Mak Andam sebuah keharusan. Kita perlu membuat pelatihan. Saat ini, banyak yang sudah tua. Kadang kita kasihan melihat Mak Inang dan Mak Andam karena prosesi perkhawinan sangat panjang. Umur sudah senja, tenaga terbatas” ujar Ishak.

Mak andam adalah seorang yang ahli merias sekaligus dipercayai sebagai pelindung calon pengantin dari berbagai gangguan penyakit dan gangguan yang datang secara gaib. Nama Mak Andam sendiri sudah ada dari turun termurun. Dan biasanya yang menjadi Mak Andam juga dari keturunan yang sama.

Sebenarnya tugas utama Mak Andam adalah membuat pengantin lebih cantik dari pada sebelumnya. biasanya mak andam akan menaikan seri di wajah pengantin melalu bacaan basmalah, bacaan doa, dan setiap mengaplikasikan make up juga biasanya menggunakan doa-doa.

 

 

 

 

Sumber :

Mak Andam dan Mak Ilang di Lingga Krisis. Kemdikbud. 14 July 2018. 23 Oktober 2018. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri/mak-andam-dan-mak-inang-makin-krisis/

Share this post

Leave a Comment