Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

sumber : dapurmenel.com

Kue Raye ala Tanjungpinang

Lebaran yang hanya menghitung hari saja, berbagai persiapan pun dilakukan untuk merayakan hari kemenangan ini. Lebaran yang identik dengan bermaaf-maafan dan mengunjungi sesama umat muslim ini sering juga dijadikan ajang kumpul- kumpul karena hanya memilki kesempatan bertemu setahun sekali.

Selain kue-kue mainstream yang selalu ada di setiap rumah seperti, nastar, kastangel dan putri salju. Biasanya setiap rumah akan menyediakan makanan dan kue khas daerah masing-masing. Jika Parapaleo bersilatuhrahmi di rumah orang Melayu, mungkin salah satu kue yang kita bahas ini sering dijumpai. Berikut kue-kue khas Melayu yang selalu ada saat lebaran :

Biji Ketapang

sumber : jogja.pojoksatu.id

Walaupun kue ini berasal dari betawi, namun sering dijumpai di beberapa rumah. Disebut kue biji ketapang karena bentuknya yang menyerupai biji ketapang. Untuk Parapaleo yang belum pernah mencoba kue ini, rasa dari kue ketapang ialah manis, renyah dan sedikit asin. Cara membuatnya juga mudah, tinggal digoreng aja.

Kole-kole

sumber : ceklala.blogspot.com

Kole-kole merupakan kue tradisional suku Melayu. Kue ini sangat populer di Pulau Penyengat. Bentuknya kotak dengan tekstur padat dan kenyal, rasa dari kue ini juga gurih dan manis. Biasanya kue Kole-kole ini berwana coklat muda sampai coklat tua hal ini karena kue kole-kole terbuat dari kacang. Biasanya diatas kue ini terdapat taburan kacang tanah sangrai di atasnya.

Putu Mayang

sumber : dapurmenel.com

Mungkin sebagian Parapaleo pernah meilhat kue ini dijajan pasar. Putu Mayang adalah salah satu kue tradisional melayu khususnya bagi masyarakat Pulau Penyengat. Putu Mayang terbuat dari campuran yang terbuat tepung beras, sagu dan pewarna makanan, disajikan dengan kuah gula merah. Campuran ini kemudian dibentuk seperi mie, sehingga menghasilkan bentuk yang mirip dengan mie lalu ditumpuk. Kue basah ini mempunyai rasa yang manis dan gurih dari kuah santan.

Kue Semprit

Parapaleo udah ada yang pernah makan Kue Semprit ?.

sumber : bukalapak.com

Kue kering ini akan kita temui dijajaran kue kering saat lebaran dengan beragam kreasinya lho. Jadi jangan bingun nanti kalau topingnya berbeda-beda hihihi.. kue yang berbahan dasar tepung terigu ini mempunyai rasa dan tesktur yang berbeda.  Hal yang paling khas dari Kue Semprit ini terletak pada topping choco chips atau selai.

Kalau kue Parapeleo biasanya kue apa yang menjadi favorit saat hari lebaran tiba??,

Selamat hari lebaran untuk seluruh Parapaleo yang merayakan yaa.. Mihal Aidil Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin..

Share this post

Leave a Comment