Jl. DI Panjaitan KM 9

Tanjung Pinang

0821 6292 9991

Whatsapp Center

07:00 - 22:00

Buka Setiap Hari

Foto: iStock

Sering Gagal Membuat Kue? Ini Dia Rahasia Anti Gagalnya

Membuat kue tanpa gagal adalah impian para perempuan yang tidak bisa masak, apalagi jika mereka terbiasa mengandalkan aplikasi yang menyediakan resep-resep kue. Tak sedikit dari mereka yang takut untuk mencoba lagi, kalau sudah gagal dari awal. Berbeda dengan memasak, jika kurang bumbu bisa ditambahkan setelah selesai.

Namun, membuat kue jika dari awal sudah salah adonan, maka kuenya pun tak akan berhasil.
Untuk Parapaelo baru mau belajar membuat kue, sebaiknya pilihlah resep yang gampang dan sudah sering dibuat orang. Dengan begitu, Parapaleo bisa mencari perbandingannya. Tidak semua demo masak pasti berhasil jika kita ikuti karena pasti ada perbedaan dari segi tekniknya.

Bagi Parapaleo yang memiliki kegalauan saat ingin membuat kue, Pinang Paleo punya tip-tip anti gagal saat membuat kue, ini adalah rahasia anti gagalnya.

1. Pakai timbangan

Carilah timbangan digital agar memudahkan Parapaleo dalam menakar bahan-bahan kue. menggunakan timbangan akan lebih mudah dalam mengurangi resiko kesalahan takaran dibandingkan menggunakan takaran sendok makan.

2. Memilih gula yang sesuai dengan kebutuhan

Gula merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam pembuatan kue. kalau kita salah memilih jenis gula, bisa berpengaruh pada tekstur kuenya, lho. Gula juga mempunyai jenis-jenisnya.

Gula pasir: Gula berwarna putih yang biasanya Parapaleo gunakan sehari-hari dengan tekstur yang agak kasar.

Gula jawa: Gula yang berwarna cokelat ini, juga sering disebut sebagai gula aren. Gula ini berasal dari pohon palem-paleman. Biasanya, gula ini digunakan untuk membuat brownies, muffin karena akan menghasilkan tekstur yang kenyal dan juga sering dijadikan sebagai topping kue.

Gula castor: Gula putih yang lebih halus dibandingkan gula pasir, sering juga dianggap tepung gula sangkin halusnya. Jenis gula ini sering digunakan untuk membuat kue karena lebih menyatu dalam adonan.

3. Memilih terigu yang bagus

Terigu sebagai bahan utama dalam pembuatan kue ini memang harus sangat diperhatikan kualitasnya. Terigu pun dibagi menjadi tiga tingkat berdasarkan kandungan protein didalamnya.

Terigu protein tinggi: Jenis tepung ini paling cocok untuk Parapaleo yang ingin adonan makanan yang memiliki tekstur elastis, kenyal dan tidak mudah rusak. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat roti dan mi yang memiliki tekstur elastis agar tidak mudah bantet saat proses fermentasi.

Terigu protein sedang: Jenis tepung ini sangat cocok untuk membuat kue yang bertekstur lembut tapi cukup mengembang. Tepung jenis ini sangat aman untuk Parapaleo yang tidak mempunyai tepung jenis protein tinggi dan rendah. Oleh karena itu, tepung jenis ini sering disebut sebagai tepung serba guna.

Terigu protein rendah: Kandungan proteinnya rendah, sehingga tepung ini tidak menghasilkan gluten yang tinggi. Jenis tepung ini biasanya digunakan dalam pembuatan adonan kue kering, karena tingkat ketahanannya lebih lama dibandingkan tepung jenis lain. Karena itulah kue lebaran dapat bertahan hingga 6 bulan.

4. Memilih telur yang berkualitas

Apakah Parapeleo sering menyimpan telur di dalam kulkas? Nah, untuk hasil kue yang bagus sebaiknya jangan menggunakan telur yang ada di dalam kulkas sebab teksturnya akan berbeda saat pengocokkannya. Gunakanlah telur yang hanya disimpan dalam suhu ruangan. Jika resep kue yang Parapaleo buat memerlukan untuk mengocok telur putihnya saja, terlebih dahulu harus memperhatikan kebersihan wadah yang dipakai. Pastikan tidak ada sisa minyak atau mentega didalamnya. Hal ini dilakukan agar dapat mengembang dengan sempurna.

5. Pisahkan adonan kering dan basah

Hal yang sering tidak diketahui oleh pemula adalah memisahkan bahan kering dan basah sebelum nantinya dicampur. Teknik ini sangat penting dalam membuat kue. Seperti halnya, mentega, telur, dan gula sebaiknya dikocok terlebih dahulu sebelum dicampurkan oleh bahan kering. Semakin bagus jika tepung sudah diayak terlebih dahulu sebelum dicampur, agar teksturnya lebih halus dan mengembang dengan sempurna saat dipanggang.

Itu dia hal-hal yang sebaiknya Parapaleo perhatikan saat ingin membuat kue supaya anti gagal, membuat kue lebarannya. Semoga berhasil ya, bikin kue lebarannya!.

Share this post

Leave a Comment